Construct 2 adalah tools pembuat game berbasis HTML5 yang dikhususkan untuk platform 2D yang dikembangkan oleh Scirra. Pada software Construct 2 kita tidak menggunakan bahasa pemrograman khusus, karena semua perintah yang digunakan pada game diatur dalam EvenSheet yang terdiri dari Event dan Action. Pembahasan kali ini akan membahas mengenai pengenalan dan penggunaan construct 2. Seperti pada definisi diatas, Construct 2 tidak menggunakan bahasa pemrograman khusus, jadi untuk untuk mengembangkan game dengan Construct 2 pengguna tidak perlu mengerti bahasa pemrograman yang relatif lebih rumit dan sulit
Cara install aplikasi Construct 2:
1. Download installer Construct 2 pada link ini https://www.construct.net/en/construct-2/download
2. Buka installer Construct 2 yang sudah anda download, lalu akan tampil seperti pada gambar berikut.
3. Seperti biasa, klik "Next >" untuk melanjutkan.
4. Sebelum anda klik "Next >" untuk melanjutkan, pastikan anda pilih "I accept the agreement" dahulu. karena anda harus setuju jika ingin menginstall Construct 2.
5. Lalu pilih lokasi folder untuk menginstall Construct 2. Pilih “Browse…” jika anda ingin memilih folder yang berbeda. Setelah itu klik “Next >” untuk melanjutkan.
7. Ada bisa pilih “Create a desktop icon” untuk menampilkan icon Construct 2 di desktop anda atau anda bisa langsung klik “Next >” saja.
8. Klik "Install" untuk lanjut ke proses penginstallan.
Cara membuat game dengan construct 2 untuk pembelajaran termodinamika
1. Membuka Aplikasi construct 2 dengan mengklik open
2. Mencari Aset game di google dengan kata kunci "Aset game" Pilih web yang paling atas dan pilih lah aset game yang kita perlukan dan yang sesuai keinginan kita lalu download
14. Ubah Windown size menjadi 1280,720
15. ubah juga layout size agar sama dengan window size
16. pada layar klik kanan dan pilih insert new project
19. Setelahnya klik sembarang di layar
20. Pilij Load an image from a file
21. Pilih kotak kuning yang ada di kanan
22. setelahnya klik tombol crop
23. Setelahnya klik x, dan buat garis tadi menjadi bentuk labirin
24. Setelah labiran telah selesai di buat, maka ubah nama layer menjadi bg ( baground) dan kunci agar tidak berubah posisi
25. Perintah program dari game yang sudah dibuat
26. memasukan pemain dengan cara insert new object dan memilih sprite dan pilih gambar pemain
27. Setelahnya pilih insert new object dan pilih sprite
28. pilih Load an image from a file dan klik
29. Buka file yang sudah di download tadi dan pilih bg sky sebagai background
32. Ubah namanya
33. Ubah nama layer dan add new layer
34. kunci layer background
35. lalu insert new object dan pilih awan
36. Ubah nama awan
37. kemudian add behaviors
38. Klik tanda +
39. Pilih behaviors Bullet
40. Lalu Klik Add
41. Lalu pilih juga behaviors wrap
42. Setelahnya pilih insert new object
43. Pilih title background dan klik insert
44. pilih object ground
45. Sesuaikan ukurannya dengan keinginan dan juga kebutuhan
46. ubah namanya
47. ubah kecepatannya
48. setealah selesai, masukan ojek baru
49.Tambahkan Behaviors untuk pemain (bedul)
50. tambahkan behaviors untuk ground
51. Tetapkan posisi pemain
52. buka even sheet 1 untuk membuat perintah program
53. Klik kanan dan pilih add event
54. Pilih system
0 Komentar